Sabtu, 14 November 2009

Tips supaya bersih

Tahu nggak sih, bahwa ternyata ada banyak banget kuman dan bakteri yang bersemayam di area-area yang kita sentuh atau digunakan sehari-hari. Yang lebih parno, semua kuman itu nggak kita sadari keberadaannya..! Tapi, agak mustahil juga ya kalau kita harus bertindak menjadi Mass Ribet yang over-higienis, atau malah bertindak berlebihan dengan sama sekali nggak mau menggunakan fasilitas umum. Jadi, yang harus kita lakukan adalah mencari cara yang tepat agar kita bisa senantiasa bersih dan sehat, tetapi tetap bisa menggunakan fasilitas- fasilitas yang ada dengan nyaman. Caranya gampang kok.


Kendaraan Umum
• Kalau kita harus berdiri selama perjalanan, usahakan agar nggak memegang langsung pegangan yang ada. Lapisi dahulu tangan kita dengan tisu sebelum memegangnya, agar kuman-kuman yang ada nggak berpindah ke tangan kita.
• Cara lainnya adalah dengan menyandarkan badan kita pada pinggir angku pada saat kita berdiri. Dengan begitu, badan kita tetap stabil tanpa harus memegang pegangan. Tangan jadi nggak kotorb deh…
• Kalau kita beruntung mendapat tempat duduk, jangan menempelkan lengan kita pada pinggiran jendela atau pada sandaran bangku di depan kita. Soalnya tempat-tempat ini juga sangat berpotensi menyimpan kuman.

Foodcourt
• Selalu lap peralatan makan kita terlebih dahulu dengan tisu. Soalnya, alat makan itu sudah dipakai olrh berbagai macam orang. Supaya aman dari penyakit, nggak ada salahnya untuk sedikit repot, kan..?
• Supaya lebihn yakin, kita bisa juga kok membawa sendok-garpu milik kita sendiri yang disimpan dalam kotak khusus. Setelah selesai digunakan, siran sendok-garpu dengan air, lalu lap dengan tisu basah, dan disimpan dalam kotaknya kembali. Nggak susah, tuh…
• Saat ingin minum, selalu gunakan sedotan. Karena seperti halnya sendok-garpu, gelas-gelas di tempat makan tersebut pasti sudah dipakai oleh ratusan orang. Dan bisa jadi si pemilik kurang bersih mencuci gelas tersebut. Nah, dengan menggunakan sedotan sekali pakai, kemungkinan hinggapnya bakteri akan jauh berkurang.

Toilet Umum
• Buang lapisan terluar dari gulungan tisu toilet yang tersedia. Karena bisa saja lapisan terluar itu sudah terkena sentuhan orang lain, terciprat air kotor atau ada kotoran kotoran yang tertinggal.
• Mengelap dudukan toilet dengan tisu saja ternyata nggak cukup. Walaupun terlihat cukup bersih, tapi tetap saja masih ada kemungkinan banyak bakteri yang tersisa. Makanya, sebelum digunakan, lapisi dudukan toilet dengan tisu. Dengan begitu, alas toilet nggak akan bersentuhan langsung dengan kulit kita.
• Sebelum menggunakan penyemprot toilet, bersihkan dulu bagian kepala semprotan dengan tisu. Takutnya ada banyak bakteri yang tinggal di kepala semprotan ini, berhubung bagian ini jarang mendapat perhatian khusus untuk dibersihkan.
• Saat membuka atau manutup pintu toilet, selalu lapisi tangan kita dengan tisu. Karena kuman justru banyak bersemayam di pegangan pintu, berhubung tempat ini merupakan bagian yang paling sering disentuh oleh berbagai orang.

0 comments:

  © The Professional Template by Vairuz Salwina 2009

Back to TOP